Ciri-ciri produk industry pariwisata
· Hasil atau produk industry pariwisata tidak dapat dipindahkan
· Peran perantara tidak diperlukan
· Tidak dapat ditimbun
· Tidak mempunyai standart atau ukuran yang obyektif
· Permintaan terhadap hasil atau produk tidak tepat dan sangat dipengaruhi oleh factor non-ekonomis
· Calon konsumen tidak dapat mencoba atau mencicipi produk yang akan dibeli
· Banyak tergantung pada tenaga manusia dan sedikit menggunakan mesin
· Mempunyai tingkat resiko yang tinggi
\
\
Obyek Wisata
Yaitu segala sesuatu yang menjadi daya tarik bagi orang yang mengunjungi daerah tertentu.
· Benda-benda yang tersedia dan terdapat di alam semesta
Ø Iklim, missal cuaca cerah
Ø Bentuk tanah dan pemandangan, missal danau, pantai, gunung dll.
Ø Flora dan fauna, tanaman yang aneh, cagar alam, taman burung dll.
Ø Pusat-pusat kesehatan, missal sumber air mineral, madu lumpur dll.
· Hasil ciptaan manusia
Ø Benda-benda bersejarah, kebudayaan, kegamaan, misal monument bersejarah, museum, art gallery, acaratradisional, festival, upacara perkawinan, tempat ibadah.
· Tata cara hidup masyarakat
Ø Ngaben di Bali, Upacara pembakaran mayat di Tanah Toraja, Upacara Sekaten di Yogja, Upacara Waysyak di Candi Mendut dan Borobudur
Sebelum melakukan perjalanan, wisatawan ingin mengetahui :
Prasarana(infrastructures)- Fasilitas transporttasi yang akan digunakan dari dan ke daerah tujuan
- Fasilitas akomodasi
- Fasilitas catering service
- Objek dan artaksi wisata
- Aktivitas rekreasi yang dapat dilakukan di tempat tujuan
- Fasilitas perbelanjaan, untuk membeli barang-barang dan souvenir
- Tempat dan toko
Adalah semua fasilitas yang dapat memungkinkan proses perokonomian berjalan dengan lancar sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan manusia untuk dapa tmemenuhi kebutuhannya.
Prasarana Perekonomian
- Pengangkutan (transportation) : pengankutan yang dapat membawa wisatawan dari Negara/tempat asal ke tempat tujuan
- Komunikasi : Telepon, telegraf, radio, tv, surat kabar, pelayanan kantor pos
- Kelompok yang termasuk “UTILITAS” : penerangan listrik, persediaan air minum, sistem irigasi, sumber energi
- Sistem Perbankan : jaminan mudah menerima atau mengirim uang
Semua faktor yang menunjang kemajuan atau menjamin kelangsungan prasarana perekonomian yang ada.
- Sistem pendidikan-pendidikan kepariwisataan untuk meningkatkan pelayanan, untuk memelihara dan mengawasi badan usaha yang bergerak dibidang kepariwisataan
- Pelayanan kesehatan: jaminan tersedianya layanan kesehatan
- Faktor keamanan :perasaan tidak aman karena adanya pencopetan, pencurian di hotel, penipuan supir taxi dll.
- Petugas yang langsung melayani wisatawan : petugas imigrasi, bea dan cukai, polisi
- Prasarana umum : prasarana yang menyangkut kebutuhan orang banyak yang pengadaannya bertujuan untuk membantu kelancaran roda perekonomian
- Pembangkit tenaga listrik, system penyediaan air bersih, jaringan jalan raya dan kereta api, system irigasi, perhubungan dan telekomunikasi
- Kebutuhan masyarakat banyak : prasarana yang menyangkut orang banyak
- Rumah sakit, apotik, bank, kantor pos, SPBU, administrasi pemerintahan
Prasarana Kepariwisataan :
- Receptive tourist plan : badan usaha atau organisasi untuk mempersiapkan kedatangan wisatawan
- Travel agent dan tour operator, tourist information center
- Residental tourist plan : fasilitas yang dapat menampung kedatangan wisatawan untuk menginap
- Hotel, motel, cottages restaurant dll.
- Recreative and sportive plan : fasilitas yang digunakan untuk rekreasi dan olah raga
- Kolamrenang, berselancar dll.
Perusahaan-perusahaan yang memberikan pelayanan pada wisatawan, baik secara langsung atau tidak langsung dan hidup, serta kehidupannya banyak tergantung pada kedatangan wisatawan
Sarana pokok kepariwasataan : perusahaan yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung pada arus kedatangan orang yang melakukan perjalan wisata.
- Travel agent dan tour operator,
- perusahaan angkutan wisata,
- hotel dan jenis akomodasi lain,
- bar dan restaurant,
- obyek wisata dan atraksi wisata.
Sarana perlengkapan kepariwisataan : Perusahaan atau tempat yang menyediakan fasilitas untuk rekreasi yang fungsinya tidak hanya melengkapi sarana pokok kepariwisataan, yang penting untuk membuat agar wisatawan dapat lebih lama tinggal pada daerah tujuan wisata
- Saranaolah raga : lapangan tenis, golf, kolam renang, berlayar, berselancar
- Sarana ketangkasan :permainan bola sodok, jackpot dll.
- Sarana penunjang kepariwisataan : perusahaan yang menunjang sarana perlengkapan dan sarana pokok dan fungsinya agar wisatawan lebih banyak mengeluarkan atau membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjungi : Night club, casinos, steam bath
Tidak ada komentar:
Posting Komentar