Minggu, 11 September 2011

PEMASARAN PARIWISATA


PENGERTIAN


  • Sejumlah kegiatan yang maksudnya untuk mempengaruhi, mengimbau dan merayu wisatawan potensial sebagai konsumen agar mengambil keputusan untuk mengadakan perjalanan wisata
  • Menyediakan kemudahan2 agar calon wisatawan dapat melaksanakan keputusannya.
  • Tujuan : agar orang membeli produk yang ditawarkan
  • Produk : dibuat menarik & harus tersedia
TINDAKAN-TINDAKAN YANG DILAKUKAN DALAM KEGIATAN PEMASARAN 
  • Menentukan atau memilih pasar atau calon konsumen/wisatawan
  • Memastikan apa yg dicari oleh konsumen
  • Mempengaruhi mereka

  • Tujuan => diperoleh hasil yg optimal dan memberi kepuasan yg sebesar-besarnya pd konsumen
MARKETING MIX
  • Kebijasanaan produk
  • Kebijasanaan harga
  • Distribusi
  • Promosi dan publikasi
  • Penjualan
  • Jasa purnajual
KEBIJAKSANAAN PRODUK
  • Komponen produk pariwisata : angkutan, atraksi dan akomodasi
  • Membuat produk sesuai dgn permintaan pasar, sesuai yg dicari dan disukai konsumen
  • Produk harus sesuai dng motif perjalanan wisata, misal liburan, bisnis, kesehatan, kunjungan keluarga, dll
KEBIJAKSANAAN HARGA
  • Harga produk
    • Jumlah harga komponen2nya
    • Faktor2 yg menimbulkan variasi harga komponen2:
    • Biaya angkutan
    • Biaya akomodasi (termasuk makan & minum)
    • Biaya untuk atraksi wisata
  • Elastisitas harga
    • Produk yg sama dijual dgn harga yg berbeda2
    • Sifat musiman pariwisata
  • Daya beli pasar wisata
    • Tergantung dr kekayaan dalam masyarakat -> pendapatan nasional bruto per kapita
DISTRIBUSI
  • Mengadirkan produk di tengah2 pasar -> availability
  • Produk tidak pernah hilang di pasar
  1. Distribusi produk pariwisata. Cara distribusi :
    • Distribusi angkutan wisata
    • Distribusi akomodasi wisata
    • Distribusi atraksi wisata -> citra wisata, benda2 kebudayaan, perbuatan
    • Distribusi produk pariwisata lengkap -> menyusun paket wisata

  1. Citra pariwisata
    • Gambaran ttg produk pariwisata
    • Membentuk citra pariwisata harus memperhatikan:
      • Sesuai dgn kenyataan di daerah tujuan wisata
      • Memperhitungkan tata kehidupan, adat kebiasaan & kegemaran pasar
PROMOSI DAN PUBLIKASI
Promosi
  • Kegiatan yg intensif dlm waktu yg relatif singkat
  • Usaha untuk memperbesar daya tarik produk thd calon konsumen
  • Promosi langsung
    • Peragaan (display)
    • Barang cetakan (brosur) yg disebarkan ke pasar
    • Pameran khusus
    • Pemberian “rabat” selama jangka waktu tertentu
    • Pemberian “hadiah” selama waktu promosi
  • Promosi tidak langsung
    • Ditujukan ke penyalur produk pariwisata
    • Tujuan:
      • Menarik perhatian pd komponen2 pariwisata yg ditawarkan & membuat bersedia menjualnya
      • Menciptakan kondisi & menyediakan sarana untuk menyusun produk pariwisata
    • Cara yg digunakan:
      • Pemberian informasi dlm bentuk barang cetakan
      • Publikasi dlm majalah2 profesi
      • Kunjungan pd perusahaan penyalur
      • Pertemuan dgn perusahaan penyalur untuk memberi informasi
      • Menyelenggarakan temu karya “workshop”
      • Mengundang wakil2 perusahaan penyalur untuk mengunjungi daerah tujuan wisata
Publikasi
  • Menciptakan permintaan atau mempengaruhi permintaan dgn menonjolkan kesesuaian produk wisata dgn permintaan
  • Tujuan : memancing reaksi pasar, menggerakkan calon konsumen sgsr mencari produk yg ditawarkan
  • 3 tahapan:
    • Penyebaran informasi
    • Penanaman kepercayaan
    • Penjualan
  • Mengandung 4 unsur pokok
    • Tujuan harus jelas & tetap karenanya harus teliti & khusus
    • Poros : gagasan pokok yg akan disampaikan pd konsumen
    • Tema : rumusan dlm bahasa secara tepat & teliti dr poros publikasi
    • Pesan publikasi yg disusun berdasarkan tema yg dipilih & berupa rumusan yg disampaikan pd konsumen
  • Publikasi langsung -> leaflet atau folder; brosur perjalanan; pameran, pekan pariwisata
  • Publikasi dalam media massa -> harian; mingguan; bulanan & berkala; poster; radio; film; tv
  • Publikasi intern -> promosi dr wisatawan ke teman/rekan

  • Hubungan Masyarakat
    • Kegiatan yg dikerjakan penghubung masyarakat:
    • Mengadakan kerja sama & hubungan sebaik-baiknya dgn instansi2 setempat
    • Masyarakat setempat diberi informasi secukupnya
    • Mengundang orang luar terpilih 
    • Mengadakan “open house”

6 komentar:

  1. marketing mix yang ada 5 itu menurut siapa? di dalam bukunya siapa dan tahun berapa?
    mohon infonya . kalau berkenan email ke ajjaeva6@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
  2. Bentuk pemasaran pariwisata gedung sejara seperti apa

    BalasHapus
  3. tolong disertai dengan contohnya agar lebih permudah untuk dipahami,terima kasih

    BalasHapus
  4. tolong disertai dengan contohnya agar lebih permudah untuk dipahami,terima kasih

    BalasHapus
  5. Tengkyu infonya. Saya mau ujian pns doain yah saya lulus dengan baik. Dan bisa meraih mimoo saya pakai baju coklat. 😊

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus